Sponsors Link

Cara Memperbaiki Kromosom Sperma Sebagai Upaya Meningkatkan Kesuburan

Sponsors Link

Setiap individu baik wanita maupun pria secara umum tentu memiliki keinginan untuk mendapatkan keturunan dan melanjutkan generasi keluarga yang dimiliikinya. Untuk dapat memperoleh keturunan maka harus ada proses proses yang dilalui dan diawali dengan pernikahan. Dalam sebuah pernikahan tersebut, pria dan wanita dapat melakukan hubungan intim atau hubungan seks yang halal baik secara agama maupun legal secara hukum untuk mendorong terjadinya proses pembuahan di dalam rahim wanita sebagai awal kehamilan.

ads

Pembuahan sebagai awal kehamilan yang merupakan tahapan untuk mendapatkan keturunan tersebut tentu dapat terjadi karena berbagai macam faktor mulai dari kondisi sel telur yang sehat, kesehatan reproduksi pria maupun wanita yang terjaga, serta sperma yang tentunya dalam keadaan optimal dan baik baik saja. Sperma merupakan zat yang dikeluarkan oleh alat reproduksi pria dengan peran membuahi sel telur yang dihasilkan oleh alat reproduksi wanita tersebut.

Sel sperma yang tidak dalam kondisi baik akan menyebabkan kemampuannya dalam melewati berbagai rintangan sebelum berhadapan dengan se telur berkurang sehingga rasio untuk keberhasilan pembuahan pun juga berkuran. Salah satu penyebab tidak optimalnya kinerja sel sperma adalah karena adanya kerusakan kromosom pada sperma tersebut yang biasanya tidak terlihat pada kondisi ciri ciri lelaki subur. Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa cara memperbaiki kromosom sperma pada laki laki yang perlu diperhatikan dengan baik dalam penjelasan di bawah ini.

  • Menghindari penyebab kerusakan kromosom pada sperma

Cara memperbaiki kromosom sperma pada laki laki yang rusak pertama adalah dengan menghindari penyebab yang memicu terjadinya kerusakan tersebut. Dengan menghindari penyebabnya maka setidaknya kondisi kerusakan kromosom pada sperma tidak akan semakin parah. Beberapa penyebab yang dapat menjadikan kromosom sperma menjadi rusak diantaranya seperti :

  1. Obesitas, Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sperma. Kegemukan dapat menyebabkan fungsi testis dan alat reproduksi pria lain tidak berkerja secara baik dan menyebabkan kondisi kerusakan sperma serta berkurangnya jumlah sel sprema yang dihasilkan. Untuk itu, perlu adanya upaya untuk menjadikan berat badan pria dalam keadaan yang ideal demi menghindari bahaya obesitas pada pria.
  2. Depresi, depresi juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan sperma. Stres yang terjadi pada seorang pria dalam sebuah penelitian menujukan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sperma yang signifikan serta menimbulkan kondisi fragmaentasi DNA pada sperma. Kondisi stres dan depresi pada pria yang berlebihan dapat diatasi dengan berkonsultasi bersama psikiater. Depresi sendiri dapat dipicu oleh banyak hal yang diangap sebagai kondisi permasalahan major. Tidak mengalami depresi merupakan salah satu ciri ciri fisik pria subur.
  3. Suhu terlalu panas, testis sebagai penghasil sperma akan berfungsi dengan baik ketika suhunya lebih rendah dari suhu tubuh. Meningkatnya suhu testis dibandingkan dengan suhu tubuh menyebabkan terjadinya masalah pada optimalisasi kinerjanya sehingga dapat menjadi pemicu kerusakan sperma. Suhu panas yang ada tersebut dapat muncul dari radiasi, penggunaan celana dalam terlalu ketat dan berbahaya panas, dan lain sebagainya. Untuk mencegah kerusakan sperma maka sebaiknya menghindari paparan panas terlalu lama pada daerah testis perlu dilakukan.
  4. Varikokel, merupakan saluran pembuluh darah yang terdapat disebelah kiri testis. Pembesaran pembuluh darah tersebut apat diatasi dengan jalan proses perbaikan varises yang dirokemendasrikan oleh dokter dengan memperhatikan beberapa pertimbangan.
    Sponsors Link

  5. Penyebab lainnya, selain disebabkan oleh beberapa hal diatas, ada kondisi lain yang juga dapat menjadi penyebab terjadinya kerusakan sperma diantaranya seperti kelainan genetik, penggunaan obat obatan, kanker testis, ketidakseimbang hormonal, buah zakar yang tidak turun, serta beberapa keadaan lain sebagai penyebab kemandulan pada pria.
  • Berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi

Selain mencegah terjadinya kerusakan pada sperma, maka cara memperbaiki kromosom sperma yang rusak dan bermasalah adalah dengan berkonsultasi secara intens bersama dokter spesialis andrologi yang memang mengerti betul kondisi sistem reproduksi pada pria. Dalam konsultasi tersebut tentu akan ada diagnosis medis dan berakhir pada tindakan medis untuk mengembalikan fungsi sperma seperti sebelumnya.

  • Menjaga pola hidup yang sehat

Selain beberapa usaha yang disebutkan diatas tersebut, tentu ada hal lain yang juga secara tidak langsung dapat mengatasi kondisi kromosom pria yang rusak yakni dengan menjaga pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi tinggi dalam tempo dan frekuensi yang sama, menghindari alkohol dan narkoba, menjaga kebugaran tubuh dengan cara berolahraga secara teratur. dan memastikan selalu memiliki waktu istirahat yang cukup. Pola hidup yang sehat merupakan salah satu cara mencegah kemandulan pada pria.

Itulah beberapa cara memperbaiki kromosom sperma pria yang rusak dan menyebabkan peluang untuk mendapatkan kehamilan menjadi kecil. Cara paling utama yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari penyebab yang disebutkan diatas dan secara langsung mendapatkan diagnosis dan tindakan medis dengan tepat. Sperma yang sehat dan tidak rusak menjadi salah satu hal yang akan menentukan tingkat kesuburan seorang pria juga.

, ,
Post Date: Wednesday 06th, February 2019 / 01:38 Oleh :
Kategori : Kesehatan