Sponsors Link

7 Tanggung Jawab Ayah Tiri Dalam Islam Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Ayah merupakan seseorang yang berperan sebagai nahkoda dalam menjalani kehidupan berkeluarga, baik ayah kandung maupun ayah tiri harus memiliki peran yang sama di dalam keluarga. Akan tetapi seringkali seseorang berpendapat bahwasanya peran ayah kandung sulit digantikan oleh ayah tiri.

ads

Mungkin hal tersebut hanya berdasarkan perasaan saja karena secara emosional memang ayah kandung dan ayah tiri berbeda. Bagi anda yang masih bingung tentang apa saja tanggung jawab ayah tiri dalam islam, maka kami sarankan untuk membaca penjelasan dari kami di bawah ini.

1. Pemimpin

Ayah memang selalu identik dengan kepemimpinan karena merupakan kepala keluarga. Peran ayah tiri juga sama dan tidak mungkin berubah hanya karena statusnya yang bukan ayah kandung. Ayah tiri berhak mengatur kepemimpinan di dalam keluarga dan seluruh anggota keluarga harus patuh.

Namun tentu hal tersebut hanya berdasarkan pada perbuatan baik dalam islam karena kita tidak boleh menuruti kemauan seseorang yang berlawanan dengan ajaran islam. Jika ia memiliki istri yang tidak penurut, maka kami sarankan untuk membaca tentang cara menundukkan istri biar nurut dan cara mendidik istri supaya nurut.

2. Pelindung

Tanggung jawab ayah tiri dalam islam adalah sebagai pelindung. Ia harus menjadi sosok ayah yang hebat yang bisa melindungi seluruh anggota keluarga dari hal – hal yang bisa merugikan keluarga, baik bahaya yang berasal dari luar maupun yang berasal dari dalam.

Selain itu, ayah tiri juga memiliki kewajiban untuk menjaga keharmonisan atau keutuhan seluruh anggota keluarga agar supaya tidak ada yang saling memusuhi atau membenci.

3. Memberi teladan

Ayah kerap kali dijadikan sosok panutan oleh anggota keluarganya. Seorang ayah yang baik, baik itu ayah kandung maupun ayah tiri akan menjadi cermin bagaimana kehidupan yang sebenarnya di dalam keluarga yang ia bina. Ayah harus selalu memberikan contoh yang baik, terutama untuk anak – anaknya karena anak akan selalu meniru perilaku dari sang ayah, terlebih jika anaknya seorang laki – laki.

Oleh karena itulah, ayah merupakan panutan yang akan dijadikan pedoman oleh anggota keluarganya sebelum ia mengambil contoh dari lingkungan sekitarnya.

4. Motivator

Selain sebagai pemberi contoh yang baik, peran ayah tiri yang sentral adalah ia harus bisa menjadi seorang motivator. Ayah tiri memiliki peran yakni mendorong anggota keluarganya untuk terus berpikir positif dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi sesuatu.

Selain itu, ia tidak boleh segan untuk memberikan pujian dan sanjungan kepada anggota keluarganya yang telah membuatnya bangga dengan melakukan hal – hal positif seseuai ajaran agama islam. Dan yang terpenting adalah ia harus tetap membangun semangat anggota keluarganya ketika ia tidak mencapai sesuai yang diharapkan.

Sponsors Link

Jangan sampai ayah menjadi seseorang yang malah membuat anggota keluarganya semakin terpuruk karena ibarat bangunan, ayah merupakan pondasi untuk membuat bangunan tersebut tetap berdiri dengan motivasi dan pujian yang ia berikan.

5. Memberi perhatian

Perhatian bukan hanya dilakukan oleh ibu, namun juga harus dipenuhi oleh sang ayah, baik ia termasuk ayah tiri maupun ayah kandung. Ia harus memperhatikan semua kebutuhan anak – anaknya maupun istrinya agar selalu tercukupi.

Ayah harus memberikan perhatian penuh kepada istri maupun juga anak – anaknya baik berupa pendidikan, agama, kesehatan, dan juga kasih sayang. Jika ia bisa melakukan cara ini, maka tentu keluarga yang ia bina akan selalu romantis dan tidak akan mudah mengalami perpecahan.

6. Pengajar

Seorang ayah harus bisa menjadi seorang pengajar yang baik untuk keluarganya. Peran ini bukan hanya berlaku untuk ayah kandung, melainkan ayah tiri juga memiliki peran yang sama karena sama – sama merupakan kepala keluarga.

Sang ayah harus mampu mengajarkan tentang norma – norma yang berlaku di masyarakat seperti misalnya norma agama, norma hukum, norma adat, maupun normas sosial sehingga keluarganya, khususnya anaknya mendapatkan rambu – rambu untuk setiap tindakannya.

Sponsors Link

Namun, jika ayah gagal dalam melaksanakan tugas ini, maka tentunya dampak yang akan ditimbulkan adalah kehancurkan hubungan rumah tangga yang selama ini dibina.

7. Melatih disiplin

Disiplin memang merupakan salah satu sikap penting yang dimiliki oleh setiap orang karena dengan disiplin kita tidak akan mudah membuang – buang waktu maupun kesempatan yang telah diberikan. Ayah harus bisa mengajari keluarganya menjadi pribadi yang disipilin.

Jika ia berhasil, maka keluarganya tidak akan mudah menyepelakan waktu. Dan seseorang yang disiplin merupakan ciri – ciri pria idaman wanita sholehah maupun juga tipe pria idaman wanita aries.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang apa saja tanggung jawab ayah tiri dalam islam. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semunya. Kami juga menganjurkan anda membaca informasi yang tidak kalah penting yaitu cara menjadi pria idaman wanita.

, , , ,
Post Date: Tuesday 26th, June 2018 / 13:01 Oleh :
Kategori : Parenting